Rabu, 02 Juli 2014

Mengenal sekilas tentang Intelijen di Indonesia

Intelijen memiliki watak sebagai a professional with one client – profesi yang mengabdi hanya kepada seorang klien. Istilah tersebut mencerminkan bukan hanya sekedar keunikan intelijen, tetapi juga keterkaitan berbagai perannya dengan fungsi-fungsi dari keamanan nasional, diantaranya:

  1. Membina kepastian hukum (legal surety);
  2. Membina ketentraman dan ketertiban masyarakat (civil order);
  3. Menegakkan hukum secara paksa (law enforcement);
  4. Membangun kemampuan pertahanan (defence capability);
  5. Melindungi masyarakat dari berbagai bencana, baik karena alam,kelainan, maupun kesengajaan (public safety from disasters);dan yang terakhir,
  6. Memelihara keamanan negara (state security);
Masing-masing diatas memiliki ciri-ciri masalah dan ancaman sendiri-sendiri. Karakterisasi ancaman menuntut adanya spesialisasi penanganan masing-masing. Spesialisasi intelijen terhadap fungsi-fungsi dari keamanan nasional tersebut dimanifeskan ke dalam crime and law enforcement intelligence.

Fungsi berikutnya, yakni defence intelligence, dilaksanakan oleh badan-badan intelijen pertahanan, mulai yang terbatas pada lingkup intelijen daerah pertempuran (combat intelligence), sampai kepada intelijen yang berlingkup strategis.

Pertanyaan :
  1. Berapa luas dan lingkup wewenang dan tanggung jawab dari Badan Intelijen Negara (BIN)?
  2. Apa saja fungsi dari BIN?
Meski ada spesialisasi pada berbagai badan intelijen untuk beragam kepentingan tersebut, sebagai realisasi fungsi keamanan nasional, kepentingan-kepentingan ini tetap memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Untuk lebih jelasnya bisa di baca di :


Buku pengenalan dunia intelijen ini ditulis oleh Letjend (Purn) Z.A. Maulani, (Mantan Kepala BAKIN), dimana beliau menyajikan dengan cukup jelas tentang bagaimana dunia intelijen yang oleh sebagian kita masih bersifat misterius.

Bagi yang tertarik, buku “Mengenal Intelijen di Indonesia” ini cukup layak dijadikan sebagai teman menunggu berbuka puasa. Selamat menikmati.. :D

5 komentar:

  1. Wah, berat nih postingannya :DSaya sih nyerah mas untuk topik berat kayak gini :D

    BalasHapus
  2. rada mikir bacanya .. dipakasa mudeng nih .. hehe.. salam kenal gan...

    BalasHapus
  3. berkunjung kemari dijumat siang sambil ngabuburit nunggu beduk magrib hehehe, ditunggu kunjungan baliknya ya

    BalasHapus
  4. datang berkunjung sambil ngabuburit, selamat menunaikan ibadah puasa ya

    BalasHapus
  5. Sayangnya intelejen negara kita cuma BIN ya? sepertinya perlu ditambah seperti amrik. Agar lebih efisien fungsi tugasnya.

    BalasHapus