Minggu, 27 Januari 2019

Telegram Dan Arsip


Seperti yang pernah saya posting sebelumnya, "Telegram Mantab!", semenjak saya kenal aplikasi aplikasi ini, ada satu kelebihan yang membuat saya semakin betah saja, sehingga saya tidak ikut-ikutan uninstall, seperti apa yang dilakukan oleh beberapa teman yang beranggapan bahwa aplikasi ini tidak terlalu berfungsi bagi mereka.

Disini saya hanya cerita sedikit kalau salah satu daya tarik utama aplikasi ini adalah kemudahan pengguna untuk menyimpan file dalam jumlah banyak dan berukuran besar. Termasuk itu file format foto, audio ataupun video. Disamping ringan ketika dijalankan, aplikasi ini juga berukuran kecil, sehingga tidak begitu terkendala lagi dengan hp yang memiliki memori terbatas.

Di Telegram ini saya menyimpan file pekerjaan, materi pelajaran audio dan video, ataupun catatan-catatan penting lainnya. Sementara itu, untuk berbagi file pun juga sangat mudah. Cukup hanya dengan menyiapkan sebuah channel khusus, kemudian kita undang atau tambahkan langsung orang yang dituju untuk bergabung, selesai. Setelah itu kita hanya mengubah pengaturan, apakah channel baru tersebut bersifat terbuka atau tertutup, sesuai dengan keperluan untuk apa channel tersebut disiapkan.

Jadi bagi rekan yang memang sudah menggunakan Telegram, tidak ada juga salahnya memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai sarana penyimpanan / arsip file alternatif. Lumayan, dengan kapasitas sebesar 1,5Gb / file, dimana setahu saya belum ada satupun aplikasi sejenis yang menyediakan fungsi seperti ini. Pengelolaan file cukup hanya melalui pesan tanpa harus takut pengiriman data putus ditengah jalan.

Eh iya, kemarin saya sempat tanya respon seorang teman tentang sebuah channel tertutup yang sengaja disiapkan untuk backup materi pelajaran online yang kami ikuti bersama, ternyata beliau merasa terbantu sekali. Intinya, sungguh kita merasa telah dimudahkan, itu saja. :)

0 comments:

Posting Komentar