Jumat, 20 Januari 2017

Blog dan Peningkatan Penjualan

Blog itu memang unik karena cendrung sesuai dengan karakter si pemilik blog. Umumnya blog banyak digunakan sebagai brand dengan tujuannya beragam, seperti sarana menyampaikan ide, curhat, jualan atau untuk kebutuhan lainnya.

Seperti kejadian sekitar 7 atau 8 bulan lewat, dimana saya pernah menyarankan ke salah seorang saudara saya agar beliau bikin blog saja, sekaligus sebagai sarana marketing atas usaha yang sedang rintis. Usaha yang beliau geluti itu adalah jual-beli mobil bekas dan juga agen lepas untuk pemasaran properti. Alhamdulillah, walaupun terkadang ada beberapa kendala, kalau dilihat tren perbulan, usaha tersebut sudah mulai stabil dan terus menunjukkan peningkatan penjualan.

Dengan alasan itulah saya mempromosikan ke saudara saya tersebut agar mau memanfaatkan blog dan terus aktif mengelolanya. Maksud saya, setidaknya blog tersebut bisa lebih memudahkan proses promosi dan pengenalan produk jika dibandingkan hanya menggunakan instant messanger dalam memasarkan produk yang ditawarkan.

Setelah saya jelaskan secara mendetil, beliau setuju karena ide saya itu dianggap memang menarik. Sederhana saja. Misalnya selama ini beliau hanya jualan melalui WhatsApp dan BBM, dengan blog akan menjadi lebih praktis dengan jangkauan lebih banyak. Jualan dengan WhatsApp dan BBM ini jelas akan merepotkan karena harus melakukan pengiriman gambar produk secara satu-persatu ke masing-masing kontak calon costumer (pengecualian jika ada grup khusus untuk calon pelanggan tersebut).

Sebagai bentuk apresiasi, saya langsung menyiapkan langsung blog tersebut setelah sebelumnya membeli sebuah domain dengan brand usaha, yang insya Allah nanti akan di legalkan dalam bentuk badan hukum resmi. Untuk platform saya menggunakan blogger, mengingat untuk sementara fungsi blog tersebut hanya sebagai penyebaran informasi dan pemberitahuan saja. Cukup posting ulasan detil lengkap dengan foto-foto produk yang akan ditawarkan, kemudian sebarkan link postingan tersebut melalui ke WhatsApp, BBM dan Facebook, maka proses pemberitahuan pun beres.

Kemudahan lainnya adalah gambar-gambar yang tersimpan di HP bisa langsung dihapus sehingga tidak memberatkan dan bisa menghemat memori. Selain itulebih memudahkan dalam mendokumentasikan dan menelusuri kembali postingan tentang produk yang sudah ditawarkan maupun yang telah terjual.

Setelah berjalan beberapa bulan, Alhamdulillah banyak komentar dan tanggapan positif beliau peroleh. Blog baru tersebut berhasil mengundang daya tarik sendiri di kalangan rekan-rekan beliau, relasi ataupun para pelanggan. Beliau juga merasakan manfaat yang diperoleh melebihi menggunakan media sosial untuk sekedar urusan jualan. Selain itu, dengan blog lebih bebas mengungkapkan segala sesuatu. Jadi bisa diibaratkan bahwa blog itu adalah sosmed yang sebenarnya, sementara itu FB dan seluruh instant messanger yang digunakan hanyalah sebagai alat penyebaran saja.

Dalam pengelolaan, saudara saya tersebut tidak mutlak memposting produk-produk yang akan ditawarkan saja, tetapi kadang diselingi juga dengan opini dan berbagai tutorial yang masih tetap berkaitan dengan produk yang dijual. Misalnya tentang bagaimana tips mengetahui kondisi kelayakan sebuah mobil yang akan dibeli dan semisalnya, atau tips mengenai pembelian, interior, eksterior dan hal-hal spesifik dari sebuah properti. Kadang juga beliau berbagi tentang hal-hal yang berkaitan dengan motivasi dan pengembangan diri berdasarkan pengalamanyang telah diperoleh selama ini.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh langsung dengan mengelola sebuah blog, Harapan saya, dengan adanya blog tersebut semoga akan semakin meluaskan jangkauan usaha dan menjadikannya cepat berkembang. Tidak itu saja, semoga dengan apa-apa yang telah diusahakan selama ini bisa memberikan inspirasi dan meningkatkan semangat wirausaha bagi banyak orang.

9 komentar:

  1. Alhamdulillah. Selalu menyenangkan membaca cerita manfaat positif dari blog, dalam hal ini bisa membantu bahkan meningkatkan penjualan dari bisnis yang saudaranya mas lakukan. Semoga lancar terus rejekinya ya.

    BalasHapus
  2. Mantab.. Nanti kalau saya ke Pekanbaru saya udah punya referensi siapa yang bakal saya hubungi, dan semoga bisa dapatin harga spesial dari saudara uda itu Hehe.. Memang benar, saya saja yang tidak begitu aktif jualan atau update blog merasakan sekali manfaat blog itu untuk apa. Minimal orang udah tau profil dan dagangan kita itu apa, ntar kalau butuh mereka tinggal kontak kita saja.

    Dadit dari Bekasi.. :)

    BalasHapus
  3. Ok mas Dadit. Rekomended sekali ntar kalo udah ke Pekanbaru. Sukses juga usahanya mas.. :)

    BalasHapus
  4. Cara njenengan memaksimalkan fungsi blog gitu keren sekali. Saya aja ga kepikiran sampe segitunya. Smoga makin sukses usahanya

    BalasHapus
  5. Kebetulan kelintas aja mas.. lagi pula emang repot jualan sesuatu kirim gambar kemudian kirim lagi gambar yg sama untuk kontak atau grup yg beda.. apalagi itu boros di penggunaan data.. :D

    BalasHapus
  6. Wahhh keren, semangat untuk mas dan saudaranya.
    Betul ya, mas. Selain itu di blog kita juga bisa berbagi informasi dgn siapa saja, bahkan dengan orang yang belum dikenal sekalipun. Memperdekat silaturahmi juga jadinya :)

    BalasHapus
  7. Terimaksih mba Pista. Benar mba, walaupun secara fungsi blog itu berbeda dengan sosmed yg bisa dipahami saat ini, namun dalam penyebaran informasi dan ide mempunyai jangkauan yang tidak kalah jauh. Di dunia internet, untuk hal-hal tertentu tetap mempunyai nilai lebih di bandingkan dengan media yang lain.

    BalasHapus
  8. Sama2, mas :)
    iya malahan kalau di blog kita bisa jelasin keunggulan produk dengan panjang dan gak terbatas kata2 juga kan mas. hehe

    BalasHapus