Kamis, 10 September 2015

Kebiasaan Jelek

Barusan ada email masuk dari sebuah feed blog langganan, tentang bagaimana cara keluar dari kebiasaan jelek. Mantab ! Kebetulan beberapa hari ini saya memang kepikiran tentang suatu kebiasaan jelek yang saya miliki yang dampaknya cukup merugikan, walaupun belum parah-parah amat.. Hehehe..

Setelah saya baca sekilas, beberapa poin yang saya tangkap adalah bahwa kebiasaan jelek yang selama ini masih tetap ada karena cara pandang kita yang tidak mendukung seperti ; anggapan kita tidak punya kekuatan untuk bisa meninggalkan kebiasaan tersebut, menyerah begitu saja dengan keadaan, dan atau tidak benar-benar berani berkomitmen agar bisa berhenti total. Saya setuju dengan artikel tersebut. Tapi secara pribadi dan berdasarkan pengalaman selama ini, saya lebih cendrung pada penyebab ketiga. Orang yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan jelek mereka hanya lantaran mereka tidak mau komit untuk berhenti dari kebiasaan tersebut.

Tips bagaimana cara menghilangkan kebiasaan jelek tersebut sifatnya relatif. Apapun metodenya tetap bagus. Namun yang pertama sekali itu memang harus komitmen dulu, baru kemudian menjalankan tips yang cocok dan sesuai dengan kondisi yang bersangkutan.

Sedangkan bagi yang susah mengetahui apa-apa saja kebiasaan jelek mereka, cara termudahnya adalah bertanya saja kepada orang-orang terdekat. Walaupun tidak ada jaminan jawaban yang obyektif tentang kebiasaan jelek yang bersangkutan, setidaknya kita sudah dapat gambaran umum dan  akan bisa sedikit membantu kedepannya..

Bagaimana dengan Anda ?

2 komentar:

  1. Kayaknya semua orang punya kebiasaan buruk ya gan, hanya saja kadar kekuatan kebiasaan buruk seseorang berbeda beda :-)


    "Benar gan, namanya juga manusia. Selalu punya kebiasaan buruk. Intinya mau sadar apa tidak dengan kebiasaan buruk yg dimiliku tersbut.. :) "

    BalasHapus
  2. mari dicoba dulu, kadang menghilangkan kebiasaan buruk itu susaaah :D


    "Sebenarnya dari niat yang mesti dibenarin dulu mas.. :) "

    BalasHapus