Kamis, 17 September 2015

Memancing Pembaca

Sebagai seorang yang baru suka dengan aktivitas blog, jujur saya juga ingin bagaimana blog saya bisa disenangi, minimal postingan-postingan saya dibaca.  Iya lah, namanya juga blogger Hehe.. Namun untuk itu tidak mudah. Karena sebagaimana yang saya pahami, blog itu adalah salah satu seni menyajikan sesuatu lewat tulisan di dunia maya.

Ada cara yang menurut saya itu cukup efektif agar postingan dibaca pengunjung. Salah satunya bisa dengan tulisan singkat, maksimal 7 paragraf. Makin sedikit makin bagus, tapi penulisan langsung ke pokok bahasan dengan bahasa sesederhana mungkin. Kalau bisa judul dan bahasan dibikin unik, menggelitik dan sedikit provokasi biar lebih menarik.

Kok bisa begitu? Kalau saya berandai-andai, seorang pengunjung internet itu cendrung suka dengan yang mudah-mudah, seperti tulisan ringkas, mudah dipahami, dan pastinya gaya penulisan bisa yang menggelitik. Terserah teknik penulisan mana yang digunakan.

Intinya pengunjung itu tidak mau ribet, kecuali topik postingan tersebut memang dibutuhkan untuk tujuan khusus. Umumnya pengguna internet itu cukup sibuk agar mau berusaha memahami dan menikmati postingan panjang. Apalagi materi yang disajikan itu tidak bisa menarik minat mereka.

Cara seperti ini terpikir begitu saja, yang mana hal ini berawal ketika saya mengunjungi berbagai macam blog, baik itu dalam rangka blogwalking atau sekedar browsing.

*Kesimpulannya, saya harus rajin berlatih lagi dalam hal tulis-menulis ringkas, namun tetap dengan bahasa yang di mengerti yang bisa manarik minat pembaca.

13 komentar:

  1. Memikat pengunjung agar datang dan membaca tulisan kita, butuh perjuangan sendiri ya Sati..:)



    "Benar sekali uni Evi.. tidak mudah bikin pengunjung baca postingan kita, apalagi sampai menyukai tulisan kita secara keseluruhan,..Harus banyak belajar dan berlatih Uni.. :) "

    BalasHapus
  2. Menurut saya tulisannya bagus, enak dibaca dan mengalir dengan bahasa yang tersusun dengan baik.
    Saya yakin dengan rajin BW pasti pengunjung blog ini akan semakin rame.



    Sipp da Ded.. Nanti akan saya coba untuk lebih rajin lagi BW.. Eh iya, terimakasih banyak sudah bilang tulisan saya bagus. Mudah-madahan saya lebih bersemangat lagi kedepannya.. :)

    BalasHapus
  3. Barangkali yang perlu diperhatikan adalah tulisan dalam blog bisa memberikan solusi tak mengguruhi maupun lebih banyak manfaat positif dalam bidang tertentu. Perkara pembaca mau memberi komentar atau tidak, tak usah kita pikirkan. Yang penting berbagi dalam hal ilmu pengetahuan agar khalayak pembaca yang belum tahu akan hal yang kita tulis, sedikit dapat pengetahuan tambahan. Salam.....



    Setuju sekali dengan mba Arum. Balik lagi ke konsep awal, karena secara pribadi blog itu sebagai sarana saya untuk belajar menulis mba. Disukai apa tidak, itu belakangan saja. Yang penting bagaimana saya bisa lancara dalam urusan tulis menulis.. :)

    BalasHapus
  4. hendrihendriyana193321 September 2015 pukul 11.16

    bahasa harus mudah dipahami pengunjung, selain itu ilmu yang kita berikan bermanfaat serta tidak banyak bertele-tele sehingga bisa membosankan pembaca, mari kita belajar menulis dengan aik agar tulisan disukai pengunjung :)


    "Sip mas Hendri :)

    BalasHapus
  5. Artikel pendek memang banyak disukai blogger yang blogwalking, Tapi untuk memancing pengunjung yang berasal dari search engine, perlu pembahasan yang rinci serta di suguhkan gambar kak... soalnya postingan yang panjang, mesin pencari akan mengambil keywordnya juga banyak...akan lebih banyak pengunjung yang dateng deh, meskipun hanya sekedar silent rider...


    "Apa yang mas Fazri bilang barusan juga benar.. :)"

    BalasHapus
  6. Iya setuju dengan analisanya yang berkat blogwalking dan browsing itu.. Postingan ini juga memancing untuk pembaca supaya baca ya apalagi buat blogger yang tentunya tulisannya ingin dibaca, judulnya memancing untuk membaca ya hehehehe bagus... selebihnya setuju juga dengan pendapat mas achmad fazri... :)


    "Iya mas.. Saya lagi belajar memmancing keinginan membaca pengunjung nih.. :) "

    BalasHapus
  7. True gan :)
    Lebih baik simpel tapi mudah dipahami daripada panjang panjang malah pengunjungnya enggak baca cuma lihat lihat.. Hehe


    "Saya mikirnya juga begitu gan.. :)"

    BalasHapus
  8. Artikel pendek dan simple memang enak untuk dibaca dan mudah dipahami, namun artikel panjang juga perlu untuk mesin pencari, karena dari artikel panjang akan banyak terdapat keywordnya.



    "Benar apa yang mas Isrofi bilang.. Cukup logis :) "

    BalasHapus
  9. Aku udh tobat deh, gak mau nulis yg trlalu panjang lg.. Biasanya aku kalo nulis artikel tuh ampe setaun kmudian juga gak bakal kelar bacanya :') Kasian aku sm yg baca, aku jg gatau mrka pada baca apa gak, Hihi. Skrg mulai bljr nyingkat2in tulisan lgsg pada intinya deh.. Biar pengunjung makin betah mampir ke blog ku. Hehe..


    Namanya juga blog, tentu versi suka-suka.. kalau emang harus bikin tulisan panjang sebenarnya juga ga masalah. Yang penting itu dimana kita merasa nyaman saja. Kalau pembaca suka, bakal dibaca juga tulisan tersebut biasanya. :)

    BalasHapus
  10. harus sering-sering menulis bagus, agar pembaca mau baca tulisan di blog kita :D iya kan?


    Sepertinya begitu mas.. :) "

    BalasHapus
  11. Agar tulisan kita enak dibaca juga harus melewati jam terbang yang tinggi, semakin sering nulis semakin enak juga tulisan yang kita sajikan, kayak mengalir gitu aja. btw tulisan blog ini renyah, pasti jam terbangnya udah tinggi banget ya?



    Aduh.. terimakasih sekali udah beranggapan tulisan saya renyah dengan jam terbang yang udah sekali.. Hehehe..

    BalasHapus
  12. Menurut saya tulisan di blog ini ringan tapi mengena. Biasanya yang bisa memiliki skill seperti itu adalah orang yang sudah biasa menulis. Karena saya saja belum bisa sampai tahap seperti itu. :oops: Masih harus banyak belajar dan berlatih.
    Sukses terus buat blog ini.



    wah makasih banget atas semangatnya pak :)

    BalasHapus